PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

NURJAMIL, NUNUNG (2019) PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Lengkap Nunung Nurjamil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori pemrosesan informasi di MAN 5 Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dan metode think aloud dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan awal, tes soal cerita, dan wawancara. Sumber data yang digunakan dibagi tiga yaitu tempat yang dilaksanakan di MAN 5 Ciamis, pelaku dalam penelitian ini dipilih sesuai dengan hasil tes kemampuan awal, dengan tingkat kemampuan berpikirnya masingmasing diambil subjek satu orang dan aktivitas dalam penelitian ini yaitu menyelesaikan masalah yang diberikan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek dengan kemampuan berpikir dasar banyak mengalami forgotten khususnya dalam penggunaan rumus dan nilai-nilai sudut istimewa. Subjek dengan kemampuan berpikir kritis mampu menyelesaikan masalah dengan lancar dan mengalami sedikit lupa terhadap penentuan jumlah sudut dalam sebuah segitiga, dan subjek dengan kemampuan berpikir kreatif dapat menyelesaikan masalah dengan lancar karena informasi yang diterima dengan informasi yang dimilikinya dapat bekerja dengan baik. Kata Kunci : Proses berpikir, Kemampuan berpikir, Teori pemrosesan Informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:32
Last Modified: 20 Sep 2019 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item