IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLEGENCE MENGGUNAKAN PATHFINDING PADA NONPLAYER CHARACTER DALAM GAME FPS 3D ROBOTS INVASION

Abdul Muiz Canial, Muhamad (2019) IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLEGENCE MENGGUNAKAN PATHFINDING PADA NONPLAYER CHARACTER DALAM GAME FPS 3D ROBOTS INVASION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2 Lembar Pengesahan fix.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Ketertarikan setiap orang dalam memainkan sebuah game tentu berbedabeda. Kemajuan teknologi telah membawa game kepada era baru yang lebih berkembang. Ragam inovasi dilakukan demi menarik minat setiap pemain untuk mencintai game yang dimainkan oleh mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game FPS 3D yang dijalankan pada platform Android dengan melakukan implementasi Artificial Intellegence (AI) berupa pathfinding pada Non-Player Character (NPC) yang berfungsi sebagai pergerakan dalam melakukan pengejaran terhadap karakter utama dalam game. Pathfinding yang diimplementasikan merupakan perbandingan performa jarak dan waktu tempuh antara Algoritma A* (A Star) dengan Navigation Mesh, dan berdasarkan pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan Navigation Mesh lebih unggul dalam segi performa jarak dan waktu tempuh dibanding dengan Algoritma A Star. Penelitian ini berhasil membuat game “Robots Invasion” dengan Metode Game Development Life Cycle (GDLC). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, hasil pengujian alpha sudah sesuai secara fungsional dan dari pengujian beta hasil uji fungsionalitas User Acceptence Test (UAT) didapat nilai sebesar 88,55% dinyatakan dengan interpretasi “Baik” yang berarti game ini layak digunakan dan dapat dikembangkan. Kata kunci: AI, A*, Gyroscope, Navmesh, Pathfinding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:29
Last Modified: 20 Sep 2019 03:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item