ASTI, NENG (2023) EFL LEARNERS’ SPEAKING ANXIETY IN ONLINE PRESENTATION: A CASE STUDY AT AN ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF A STATE UNIVERSITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (406kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf Download (241kB) |
|
Text
3 Lembar Pernyataan.pdf Download (101kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (391kB) |
|
Text
5 PREFACE_ACKNOWLEGDEMENT_DAFTAR ISI.pdf Download (412kB) |
|
Text
6 BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
7 BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
8 BAB III.pdf Download (479kB) |
|
Text
9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
11 REFERENCES.pdf Download (402kB) |
|
Text
12 ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran bahasa yang melibatkan berbicara seperti kegiatan tanya�jawab serta tampil berbicara di depan kelas memicu peserta didik untuk merasa cemas sehingga menghambat proses belajar. Hal ini menyebabkan kinerja pembelajaran bahasa yang tidak memuaskan. Selain itu, pergeseran lingkungan belajar dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online juga menambah tantangan bagi para pelajar dan pengajar. Kasus kecemasan berbicara di pembelajaran online juga terjadi pada beberapa pelajar jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri di Tasikmalaya. Berdasarkan studi pendahuluan, para pelajar mengalami kecemasan saat mereka harus melakukan presentasi online di konferensi internasional yang diadakan oleh Academic Listening and Speaking Class sebagai ujian akhir. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara pada pelajar EFL selama presentasi bahasa Inggris secara online. Tiga mahasiswa program sarjana jurusan pendidikan bahasa Inggris dipilih sebagai partisipan. Berdasarkan observasi melalui video presentasi dan interview pendek, mereka menunjukan karakter yang sama dengan kecemasan berbicara selama presentasi secara online. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik dari Braun & Clark (2006). Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara peserta didik selama presentasi bahasa Inggris online. Faktor-faktor tersebut adalah kekhawatiran komunikasi, kecemasan menghadapi ujian, ketakutan akan penilaian negatif, koneksi internet yang tidak stabil, suasana presentasi yang tidak kondusif, dan kurangnya interaksi antara pembicara dan pendengar. Kata kunci: Kecemasan Berbicara, Presentasi Online, Pembelajar Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10599 |
Actions (login required)
View Item |