DEWI, AYU KANIA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL AKM PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (60kB) |
|
Text
3. Lembar Penguji.pdf Download (81kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf Download (50kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (113kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (60kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (840kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dari kelas VIII-D di SMP Negeri 20 Tasikmalaya berdasarkan hasil pengerjaan peserta didik yang memberikan respon yakin pada tabel Three Tier Test tetapi jawaban yang diberikan salah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melaksanakan tes soal model AKM pada materi bangun datar segiempat yang disertai dengan tabel respon Three Tier Test dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan tes soal model AKM pada materi bangun datar segiempat, dilanjutkan dengan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih dalam mengenai faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga peserta didik yang mengalami miskonsepsi yaitu S4 mengalami miskonsepsi klasifikasi, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. S16 mengalami miskonsepsi korelasional dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. S25 mengalami miskonsepsi klasifikasi dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah penalaran yang tidak lengkap/salah. Kata kunci: Analisis Miskonsepsi, Asesmen Kompetensi Minimum, Faktor Penyebab Miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 05:02 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 05:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10578 |
Actions (login required)
View Item |