DEWI, REVI SILVIA (2023) EXPLORING TEACHING STRATEGIES IN EFL READING CLASSROOM: AN INDONESIAN TEACHER’S VOICE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (239kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text
5. PREFACE.pdf Download (147kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (159kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (264kB) |
|
Text
8. CHAPTER 1.pdf Download (226kB) |
|
Text
9. CHAPTER 2.pdf Download (266kB) |
|
Text
10. CHAPTER 3.pdf Download (225kB) |
|
Text
11. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
12. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (235kB) |
|
Text
14. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mengajar membaca di kelas EFL adalah aspek penting dari proses pembelajaran, namun menghadirkan beberapa tantangan. Diperlukan kombinasi strategi dan teknik yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi strategi pengajaran di kelas membaca EFL Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah salah satu guru di salah satu SMP di Tasikmalaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Adler C.R (2004). Strategi-strategi tersebut adalah; (1) Menggunakan strategi metakognitif untuk menjadi pembaca yang baik; (2) Menggunakan grafis dan semantik untuk memeriksa pemahaman siswa dalam membaca; (3) Mendorong siswa dalam membaca pemahaman dengan bertanya dan menjawab pertanyaan; (4) Mengidentifikasi cerita dari teks. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa strategi ini dapat mendorong pembelajaran aktif di kalangan siswa, ditandai dengan partisipasi aktif mereka di kelas, kecenderungan mereka untuk lebih memperhatikan guru, dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Implikasi dari penelitian ini menekankan penerapan strategi-strategi tersebut dalam mengajar membaca. Kata kunci: Strategi Pengajaran, Kelas Membaca EFL, Strategi Guru, Pemahaman Membaca
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10543 |
Actions (login required)
View Item |