AISAH, SANI NUR (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI UMUM PUSKESMAS MANGKUBUMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (66kB) |
|
Text
6. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (140kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (223kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Download (253kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
14. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan Puskesmas. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan kualitas layanan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei analitik dengan desain Cross Sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika hubungan antara faktor-faktor terhadap suatu akibat , melalui pendekatan observasi. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan Sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan tekhnik accidental sampling dimana pasien didapatkan secara kebetulan datang dan menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Mangkubumi. Hasil penelitian menunjukan nilai p 0,000< 0,05 yang artinya ada hubungan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Ada hubungan antara kualitas pelayanan kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pasien di puskesmas Mangkubumi Kota Tasikmalaya tahun 2023. Saran yang diberikan bagi Puskesmas yaitu petugas harus selalu ada dibagian luar ruangan puskesmas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pasien masuk ke ruangan Puskesmas, diperlukan upaya peningkatan respon petugas secara cepat dalam melayani pasien, dilakukan peningkatan dan perbaikan yang berkaitan dengan fasilitas sarana dan prasana yang menunjang sesuai dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Kehandalan; Jaminan, Kualitas pelayanan, Kepuasan, Kesehatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 01:08 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10507 |
Actions (login required)
View Item |