EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENGGALI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

PUJA DEWI SARASWATI, CICI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENGGALI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Cici Puja Dewi 152151148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran flipped classroom (2) kemandirian belajar peserta didik yang dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran flipped classroom (3) efektivitas model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre – experimental design, dengan desain penelitian One – Shot Case Study, yang melibatkan 32 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berupa uraian sebanyak 3 butir soal dan angket kemandirian belajar yang terdiri dari 25 pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis parameter proporsi yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan analisis chi kuadrat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada pada kriteria sedang, kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, dan model pembelajaran flipped classroom efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, flipped classroom, Efektivitas, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:13
Last Modified: 19 Sep 2019 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item