Sumiati, Yuyum (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X IPS 1 MA BPI Baturompe Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (59kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (91kB) |
|
Text
03 Lembar Pernyataan.pdf Download (232kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (23kB) |
|
Text
05 Kata pengantar.pdf Download (59kB) |
|
Text
06 Daftar Isi.pdf Download (21kB) |
|
Text
07 Daftar Tabel.pdf Download (21kB) |
|
Text
08 Daftar Gambar.pdf Download (18kB) |
|
Text
09 BAB 1.pdf Download (74kB) |
|
Text
10 BAB 2.pdf Download (130kB) |
|
Text
11 BAB 3.pdf Download (98kB) |
|
Text
12 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
Text
13 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
14 Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
Text
15 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X SMA/MA menurut Kurikulum 2013 revisi yaitu kompetensi dasar 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi, serta 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Meskipun demikian, di MA BPI Baturompe Kota Tasikmalaya belum semua peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Kunjung Karya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun dan menulis teks puisi pada peserta didik kelas X IPS 1 MA BPI Baturompe Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 1 MA BPI Baturompe Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 27 orang yang tediri atas 13 orang peserta didik laki-laki dan 14 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada siklus kesatu, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan 3.17 terdapat 14 peserta didik (51,85%) yang belum mencapai KKM dan 13 peserta didik (48,15%) yang telah mencapai KKM dari standar KKM 75. Dalam aspek keterampilan 4.17 terdapat 19 peserta didik (70,37%) yang belum mencapai KKM dan 8 peserta didik (29,63%) peserta didik yang telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Dari hasil uji wilcoxom diketahui nilai w hitung lebih kecil dari w tabel (119,1) dengan taraf signifiansi 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Kunjung Karya dapat mengingkatkan kemampuan menganalisis unsure pembangun dan menulis puisi pada peserta didik kelas X MA BPI Baturompe Kota Tasikmlaya Tahun Ajaran 2022/ 2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:40 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10385 |
Actions (login required)
View Item |