ASYA, BILQIS BAJILAH (2023) PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVE WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLOGI KELAS X SMAN 1 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (208kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (62kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGUJIAN.pdf Download (47kB) |
|
Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (190kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (172kB) |
|
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (131kB) |
|
Text
08. DAFATR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (394kB) |
|
Text
09. BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (545kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (871kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
BILQIS BAJILAH ASYA 2023. Pengaruh Penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Hidrologi Kelas 10 SMAN 1 Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penggunaan media pada proses pembelajaran geografi di SMAN 1 Tasikmalaya belum mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Pembaharuan terhadap media pembelajaran E-LKPD berbasis Live Worksheet dilakukan untuk menghasilkan media yang interaktif dalam upaya melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 1 Tasikmalaya. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan X-7 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 orang. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis lingkungan belajar langkah-langkah penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet yakni Plan (perencanaan), Implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian menunjukan pada kelas eksperimen yang menggunakan media E-LKPD berbasis Live Worksheet terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentase 52% dengan nilai rata-rata pretest 51 dan posttest 78. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentasi 45% dengan nilai rata-rata pretest 41 dan posttest 60. Kata Kunci: media pembelajaran, E-LKPD berbasis Live Worksheet, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 01:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 01:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10182 |
Actions (login required)
View Item |