HAKIKI, AI KIKA (2023) HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (101kB) |
|
Text
06 BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
07 BAB II.pdf Download (295kB) |
|
Text
08 BAB III.pdf Download (609kB) |
|
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
12 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara self confidence terhadap kemampuan komunikasi, (2) hubungan antara self efficacy terhadap kemampuan komunikasi, (3) hubungan antara self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 7 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya 2021/2022. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengukur self confidence sebanyak 30 pernyataan, self efficacy sebanyak 36 pernyataan dan kemampuan komunikasi verbal sebanyak 35 pernyataan. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dilanjut dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat hubungan antara self confidence terhadap kemampuan komunikasi, dengan koefisien korelasi (r1) yang diperoleh sebesar 0,430 dan kontribusi yang diberikan sebesar 18,5%, (2) terdapat hubungan antara self efficacy terhadap kemampuan komunikasi, dengan koefisien korelasi (r2) yang diperoleh sebesar 0,449 dan kontribusi yang diberikan sebesar 20,2%. Dan (3) terdapat hubungan antara self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi, dengan korefisien korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,536 dan kontribusi yang diberikan sebesar 28,7%. Berdasarkan koefisien korelasi yang diperoleh pada setiap tujuan penelitian, maka koefisien interpretasi dalam penelitian ini tergolong hubungan korelasi yang sedang. Kata Kunci : Self Confidence, Self efficacy, Kemampuan Komunikasi, Biologi, Korelasional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10101 |
Actions (login required)
View Item |