ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD

TUSSAIDAH, HALIMA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Halimatussaidah. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket, tes kemampuan penalaran analogi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket gaya belajar Honey�Mumford dan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis. Subjek dari penelitian ini dari kelas VIII-A di SMP Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak empat orang yang mampu mengerjakan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis dari masing-masing kategori gaya belajar Honey-Mumford yaitu aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis, serta kemampuan subjek dalam berkomunikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan gaya belajar aktivis (S12) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun pada komponen applying salah dalam menggunakan rumus dan tidak selesai dalam mengerjakan masalah target. Subjek dengan gaya belajar reflektor (S30) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun pada komponen applying tidak selesai dalam mengerjakan masalah target. Subjek dengan gaya belajar teoris (S17) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping dan applying. Subjek dengan gaya belajar pragmatis (S4) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun, pada komponen encoding tidak menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan tetapi pada saat diwawancara sudah mampu menjelaskan unsur yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat. Serta pada komponen applying salah dalam menuliskan rumus dan melakukan perhitungan. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Analogi Matematis, Gaya Belajar Honey- Mumford

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:55
Last Modified: 25 Jul 2023 00:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item