TUSSAIDAH, HALIMA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf Download (241kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Halimatussaidah. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket, tes kemampuan penalaran analogi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket gaya belajar Honey�Mumford dan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis. Subjek dari penelitian ini dari kelas VIII-A di SMP Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak empat orang yang mampu mengerjakan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis dari masing-masing kategori gaya belajar Honey-Mumford yaitu aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis, serta kemampuan subjek dalam berkomunikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan gaya belajar aktivis (S12) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun pada komponen applying salah dalam menggunakan rumus dan tidak selesai dalam mengerjakan masalah target. Subjek dengan gaya belajar reflektor (S30) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun pada komponen applying tidak selesai dalam mengerjakan masalah target. Subjek dengan gaya belajar teoris (S17) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping dan applying. Subjek dengan gaya belajar pragmatis (S4) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun, pada komponen encoding tidak menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan tetapi pada saat diwawancara sudah mampu menjelaskan unsur yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat. Serta pada komponen applying salah dalam menuliskan rumus dan melakukan perhitungan. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Analogi Matematis, Gaya Belajar Honey- Mumford
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9995 |
Actions (login required)
View Item |