KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI GEOMETRI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

WULANDARI, NOVIA (2023) KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI GEOMETRI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

NOVIA WULANDARI. 2023. Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Berdasarkan Teori Geometri Van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial peserta didik berdasarkan teori geometri Van Hiele ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa angket gaya belajar, Van Hiele Geometry Tes (VHGT), soal tes kecerdasan visual spasial dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-F SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Penentuan subjek berdasarkan hasil pengelompokkan angket gaya belajar pada kategori visual, auditori dan kinestetik, dengan hasil Van Hiele Geometry Tes (VHGT) antara level 0 (visualisasi) sampai level 4 (rigor). Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek gaya belajar visual dengan capaian geometri Van Hiele level 2 (deduksi informal) mampu memenuhi seluruh karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian (imaging), pengonsepan (conceptualizing), pemecahan masalah (problem solving) dan pencarian pola (pattern seeking), sedangkan subjek gaya belajar visual dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya mampu memenuhi 2 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian (imaging), dan pencarian pola (pattern seeking). (2) Subjek gaya belajar auditori dengan capaian geometri Van Hiele level 1 (analisis) mampu memenuhi 3 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian (imaging), pengonsepan (conceptualizing) pencarian pola (pattern seeking) sedangkan subjek gaya belajar auditori dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya mampu memenuhi 1 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu karakteristik pengimajinasian (imaging). (3) Subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya mampu memenuhi 1 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu karakteristik pengimajinasian (imaging). Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Geometri Van Hiele, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:48
Last Modified: 24 Jul 2023 02:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9991

Actions (login required)

View Item View Item