KAJIAN EFISIENSI PEMASARAN UBI JALAR DI DESA BANDORASA KULON KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

BRATHA, SUCI FITRIA (2023) KAJIAN EFISIENSI PEMASARAN UBI JALAR DI DESA BANDORASA KULON KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover Dalam.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Cover Luar.pdf

Download (46kB)
[img] Text
PENGASAHAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Ubi jalar merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Kuningan dengan sentra produksi di Desa Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus. Dalam proses memasarkan ubi jalar tentunya harus berjalan dengan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: a) saluran pemasaran; b) fungsi pemasaran; c) menganalisis besarnya biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, serta; d) menganalisis efisiensi pemasaran ubi jalar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan penentuan responden menggunakan snowball sampling terdiri dari 6 orang pedagang pengumpul, 4 orang pedagang besar, dan 20 orang pedagang pengecer. Penelitian ini dilakukan di Desa Bandorasa Kulon dari Desember 2022-Juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Produsen  Pedagang Pengumpul  Pedagang Besar Bandorasa Kulon  Konsumen Antara; Saluran II: Produsen  Pedagang Pengumpul  Pedagang Besar Cikurubuk  Pedagang Pengecer  Konsumen Akhir; Saluran III: Produsen  Pedagang Pengumpul  Pedagang Besar Bandorasa Kulon  Pedagang Besar Cikopo-Purwakarta  Pedagang Pengecer  Konsumen Akhir. (2) Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran bervariasi, yaitu fungsi pertukaran meliputi pembelian dan penjualan, fungsi fisik meliputi penyimpanan dan pengangkutan, dan fungsi fasilitas meliputi sortasi, pendanaan, penanggungan risiko, market intelligence function, dan riset pasar. (3) Biaya pemasaran pada saluran pemasaran I, II, dan III berturut-turut yaitu Rp255,07/kg, Rp1.664,75/kg, dan Rp1.754,66/kg. Keuntungan saluran pemasaran I, II, dan III yaitu Rp444,93/kg, Rp1.598,89/kg, dan Rp1.895,34/kg. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I, II, dan III adalah Rp700/kg, Rp3.263,64/kg, dan Rp3.650/kg. Nilai farmer’s share pada masing-masing saluran I, II, dan III yaitu 80 persen, 52,45 persen, dan 44,70 persen. (4) Saluran pemasaran I, II, dan III sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ubi Jalar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:13
Last Modified: 21 Jul 2023 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item View Item