ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

MONICA, BELLA CAHYA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02 lembar pengesahan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
03 Surat Revisi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (24kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
07 Daftar Isi .pdf

Download (122kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf

Download (197kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
14 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif kualitatif. Subjek yang diambil adalah 4 orang siswa yang terdapat pada salah satu kelas VIII di SMP Negeri 14 Tasikmalaya dengan pengambilan subjek dilihat dari siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis. Teknik pengumpulan data berupa soal tes, angket tipe kepribadian dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analaisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah subjek dengan tipe kepribadian guardian (S-18G) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan prosedur yang teratur. Subjek dengan tipe kepribadian artisan (S-1A) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis, namun karena subjek selalu tergesa�gesa dalam mengerjakan segala sesuatu maka subjek memperoleh kesimpulan yang keliru pada indikator penalaran dan pemberian alasan. Subjek dengan tipe kepribadian rational (S-22R) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan benar, namun subjek cenderung mengabaikan hal-hal yang dirasa tidak perlu, sehingga subjek menuliskan keterangan pemisalannya kurang lengkap. Subjek dengan tipe kepribadian idealis (S-16I) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan benar namun subjek memisalkan permasalahan ke dalam bentuk matematika nya kurang tepat, dikarenakan subjek terpaku pada contoh dan tidak terbiasa mengerjakan soal non rutin. Kata kunci : kemampuan literasi matematis, tipe kepribadian Keirsey, guardian, artisan,rational, idealis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:26
Last Modified: 18 Jul 2023 06:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9916

Actions (login required)

View Item View Item