Anggraeni, Rifa Puspa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (472kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (931kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (568kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (453kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (450kB) |
|
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (448kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (446kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (448kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (631kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (778kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (568kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII semester II adalah KD 4.14 Menyajikan Teks Persuasi (saran, ajakan, arahan, dan petimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. Terdapat permasalahan dalam penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang maksimal dalam menerima pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan sebuah model pembelajaran Example Non Example pada pembelajaran menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen sungguhanyang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII I berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Example Non Example yaitu kelas VIII H pada KD 4.14 nilai rata-rata pada pre-test mencapai angka 50,46 dan nilai rata-rata post-test mencapai angka 81,21, sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu kelas VIII I pada KD 4.14 nilai rata-rata pre-test mencapai angka 43,95 dan nilai rata-rata post-test mencapai angka 79,09. Setelah data dinilai kedua kelompok dihitung secara statistika menggunakan uji normalitas. Hasil uji menunjukkan kedua data berdistribusi tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 0,01 (32) 128. Hal ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap kemampuan menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9906 |
Actions (login required)
View Item |