FAUZIAH, RESTY (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 4 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (387kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (195kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (437kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (376kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (373kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (369kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (373kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (465kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (496kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (608kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment dalam model number head togther terhadap aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 4 SMAN 5 Tasikmalaya bahwasannya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah tergolong masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa ditandai dengan kurang aktif dan kurang berkontribusinya siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari rendahnya aktivitas tanya-jawab, rendahnya keinginan untuk berpendapat dan menyimak materi pelajaran sejarah. Pembelajaran yang bervariatif merupakan salahsatu faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian kuasi eksperimen bentuk nonequalivalent control grup design. Populasi dari penelitian adalah seluruh kelas XI IPS dan sampelnya hanya kelas XI IPS 4. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar angket pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian reward and punishment dalam model number head together terhadap aktivitas belajar. Hasil ini berdasarkan analisis data pada nilai pretest dan posttest yang meningkat dari 65,34% ke 77,39%. Dibuktikan pula dari hasil uji independent sample t-test bahwa nilai Asymp Sig 2 tailed lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,000 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka interpretasi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pengaruh pemberian reward and punishment dalam model number head togther terhadap aktivitas belajar. Kata Kunci: Reward and Punishment, Number Head Together, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9900 |
Actions (login required)
View Item |