PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

RAMADHANTI, AJENG FAJAR (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (323kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experiment dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan total 283 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian instrumen kemampuan literasi sains berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 37 soal berkaitan dengan materi sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data dilakukan melalui uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov – Smirnov dan diperoleh nilai signifikansi 0.200 > 0.05 dan uji Levene yang diperoleh nilai signifikansi 0.962 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak yang artinya ada pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:25
Last Modified: 18 Jul 2023 01:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item