ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SANGUINIS DAN MELANKOLIS

PATIMAH, FEBY SITI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SANGUINIS DAN MELANKOLIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Surat pernyataan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Surat revisi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Kata pengantar.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar tabel.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar gambar.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar lampiran.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian sanguinis dan melankolis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner tipe kepribadian florence littauer, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah kuesioner tipe kepribadian florence littauer dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIIA dan VIID SMP Negeri 16 Tasikmalaya. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive yaitu tiga peserta didik yang terpilih dianggap paling dominan dari setiap tipe kepribadian, mampu memenuhi semua atau sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis tanpa melihat hasil jawaban benar atau salah, serta subjek yang mampu berkomunikasi dengan baik dan siap memberikan keterangan secara lisan pada saat dilakukan wawancara atas jawabannya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan komunikasi matematis peserta didik S2M dan S19M dengan tipe kepribadian melankolis mereka mampu menggambarkan peristiwa sehari-hari ke dalam ide maupun simbol matematika dengan memahami informasi yang ada dalam soal dan mengkomunikasikan ide dan relasi matematik melalui tulisan, gambar dan ekspresi aljabar. S2M dan S19M juga mampu membuat konjektur dan menyusun argumen, sedangkan S2M mampu membuat pertanyaan matematika untuk menetukan solusi dalam soal. S9S dengan tipe kepribadian sanguinis memiliki kemampuan komunikasi matematis dapat menyatakan pemahamannya terkait yang diketahui dalam soal secara jelas, mampu mengkomunikasikan ide dan relasi matematik melalui tulisan dan ekspresi aljabar serta mampu membuat konjektur dan menyusun argumen. Kata kunci: komunikasi matematis, tipe kepribadian, sanguinis, melankoliS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:54
Last Modified: 14 Jul 2023 06:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9852

Actions (login required)

View Item View Item