PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

NURHALIMAH, RIDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 peserta didik dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group posttest-only design. Instrumen dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis diukur melalui test berbentuk soal essai, sedangkan hasil belajar siswa yang diukur adalah ranah kognitif berbentuk soal multiple choice. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan jelajah alam sekitar, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning. Data analisis dengan Uji Anova One Way, . Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran project based learningdengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan Uji Anova One Way dengan perolehan nilai signifikasi yaitu sebesar 0,014. Nilai signifikansi tersebut < 0,05, sehingga dapat disimpulkan tolak H0 dan terima Ha yang artinya ada pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar di kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya. Kata Kunci: project based learning, jelajah alam sekitar, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:37
Last Modified: 14 Jul 2023 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9836

Actions (login required)

View Item View Item