PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF�CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

ROSA, INTANNIA MULYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF�CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (22kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (72kB)
[img] Text
10 . DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (772kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas dan rendahnya tingkat percaya diri peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar dan self-confidence peserta didik pada materi teori kinetik gas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindangbarang sebanyak 4 kelas dengan jumlah 129 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur tingkat hasil belajar peserta didik menggunakan instrumen soal berbentuk esai sejumlah 10 soal dengan memuat ranah kognitif C1, C2, C3, C4, dan mengukur tingkat self�confidence peserta didik menggunakan angket berskala likert yang memuat 4 indikator. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat yaitu uji normalitas multivariat dan uji homogenitas multivariat, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil uji hipotesis diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:37
Last Modified: 12 Jul 2023 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9796

Actions (login required)

View Item View Item