THE ANALYSIS OF STUDENTS’ RESPONSES ON ‘NATIONAL TREASURE’ FILM BY MARIANNE WIBBERLEY (A Case Study at the Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University Tasikmalaya)

MARDIANSYAH, DIAN (2014) THE ANALYSIS OF STUDENTS’ RESPONSES ON ‘NATIONAL TREASURE’ FILM BY MARIANNE WIBBERLEY (A Case Study at the Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
4. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (174kB)
[img] Text
5. CHAPTER I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
6. CHAPTER II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
7. CHAPTER III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
8. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
9. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
10. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (145kB)

Abstract

DIAN MARDIANSYAH. 2014. The Analysis of Students’ Responses on ‘National Treasure’ Film by Marianne Wibberley” (A Case Study at the Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon mahasiswa Tingkat IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap film ‘National Treasure’ karya Marianne Wibberley. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian respon mahasiswa pada film ‘National Treasure’ diperoleh melalui kuesioner. Sumber data penelitian yaitu 4 orang mahasiswa Tingkat IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merespon film ‘National Treasure’, para responden menggunakan strategi engaging, describing, conceiving, explaining, connecting, interpreting dan judging. dalam engaging, para responden merespon film dengan menunjukkan reaksi emosi atau tingkat keterlibatan mereka terhadap cerita. Dalam describing, para responden merespon film dengan menyatakan kembali informasi yang didapat dari cerita. Dalam conceiving, para responden merespon film dengan menjelaskan bagaimana cara mereka mendapatkan pesan moral dari film. Dalam explaining, para redponden merespon film dengan menjelaskan karakterisasi para tokoh dalam cerita berdasarkan pemahaman mereka. Dalam connecting, para responden merespon film dengan menghubungkan pengalaman atau pengetahuan mereka dengan cerita. Dalam interpreting, para responden merespon film dengan menggunakan deskripsi, ide, dan hubungan yang mereka buat untuk menjelaskan pesan moral yang terdapat dalam cerita. Dalam judging, para responden merespon film dengan cara menilai kualitas film secara keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, strategi respon yang paling banyak digunakan oleh responden adalah describing dan interpreting. Hal ini menunjukkan bahwa responden memaknai film sebagai gambaran kehidupan untuk diambil pesan moral yang terkandung didalamnya untuk dijadikan pelajaran dalam kehidupan nyata berdasarkan reaksi, deskripsi, konsepsi dan hubungan yang masing-masing respondent bentuk dalam menginterpretasikannya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:00
Last Modified: 12 Jul 2023 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item