ANALISIS KEMAMPUAN KERUANGAN LEVEL MENTAL ROTATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK

HIDAYATI, FITRI NUR (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KERUANGAN LEVEL MENTAL ROTATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keruangan level mental rotation pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari kelas IX F SMPN 2 Tasikmalaya yang berjumlah 4 peserta didik. Penentuan subjek berdasarkan hasil jawaban tes kemampuan keruangan level mental rotation yang memenuhi semua indikator dari masing-masing kategori gaya berpikir Gregorc dan berdasarkan hasil wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: S-1 mengerjakan secara tahap demi tahap, berusaha mencapai titik kesempurnaan dalam menjawab soal, dan berdasarkan kenyataan serta proses informasi yang didapat secara teratur, linear, dan sekuensial tetapi masih kesulitan dalam menentukan dan menggambarkan hasil rotasi. S-17 mampu menuliskan jawaban berdasarkan poin-poin penting yang didapat dari proses menganalisis informasi pada soal tetapi mengalami kesulitan dalam menentukan arah dan sudut rotasinya. S-28 menuliskan jawaban kurang teliti, mengalami kesulitan dalam menggambarkan hasil rotasinya, dan mengerjakan soal dilakukan dengan tidak runtut atau tidak bertahap dalam menuliskan jawabannya. S-15 menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan coba�coba tetapi masih mengalami kesulitan dalam menemukan nomor prisma yang akan dirotasikan, kesulitan dalam menentukan arah dan besar sudutnya, dan kesulitan dalam menggambarkan setiap posisi dadu dan rubik setelah dirotasikan. Kata kunci: Kemampuan Keruangan; Mental Rotation; Gaya Berpikir Gregorc

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:51
Last Modified: 11 Jul 2023 03:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9724

Actions (login required)

View Item View Item