DESAIN PEMBELAJARAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

SALSABILA, DINDA NUR (2023) DESAIN PEMBELAJARAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran segitiga dan segiempat melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra kemudian untuk melihat capaian hasil belajar peserta didik yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan kondisi lingkungan pada saat pembelajaran, merekam proses pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas dari peserta didik pada saat tahap percobaan desain dilaksanakan, memberikan soal tes hasil belajar untuk mengetahui dampak dan capaian belajar peserta didik berdasarkan desain pembelajaran pada materi segitiga dan segiempat, dan wawancara untuk menggali informasi mengenai permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cisaga kelas VII C sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks ubin dan profil gypsum dalam pembelajaran dalam konsep keliling dan luas segitiga dan segiempat dapat membantu peserta didik untuk membangun konsep dasar dalam menemukan rumus keliling dan luas segitiga dan segiempat. Selain itu, lintasan belajar dengan konteks ubin dan profil gypsum melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra dapat membantu pemahaman konsep peserta didik terhadap materi keliling dan luas segitiga dan segiempat. Penggunaan desain pembelajaran segitiga dan segiempat melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan software Geogebra memberikan dampak bagi peserta didik sehingga peserta didik mampu memahami materi mengenai keliling dan luas segitiga dan segiempat sehingga capaian pembelajaran peserta didik dapat tercapai. Kata kunci : Design Research, Segitiga, Segiempat, Lintasan Belajar, Discovery Learning, Geogebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:36
Last Modified: 11 Jul 2023 03:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item View Item