PEMASARAN PISANG AMBON PUTIH (CAVENDISH)

PAMUNGKAS, SANDI (2017) PEMASARAN PISANG AMBON PUTIH (CAVENDISH). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
3 RINGKASAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. DAFTAR TABEL.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

SANDI PAMUNGKAS 2017. Pemasaran pisang ambon putih (Cavendish). (Di bawah bimbingan H. UNANG dan HENDAR NURYAMAN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran pisang ambon putih dilihat dari, marjin pemasaran, keuntungan pemasaran, farmer’s share,. Metode yang digunakan adalah survai pada sembilan petani pisang di Desa Karangpaningal Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam pemasaran pisang di Desa Karangpaningal terdapat dua macam tingkat saluran pemasaran, yaitu saluran dua tingkat (petani – pengumpul II – pedagang pengecer), dan saluran tiga tingkat (petani – pengumpul I –pengumpul II– pedagang pengecer). Marjin pemasaran pada saluran dua tingkat Rp 2.250 per kilogram dan saluran tiga tingkat Rp 3.000 per kilogram. Sedangkan persentase keuntungan pemasaran pada saluran dua tingkat 71.11 persen dan saluran tiga tingkat 71,66 persen. Farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani pada saluran dua tingkat 62.50 persen dan saluran tiga tingkat 50,0 persen. Oleh karena itu petani disarankan memilih saluran pemasaran yang menguntungkan atau membuat saluran pemasaran yang baru, sehingga petani dapat memperoleh bagian harga yang lebih tinggi dalam sistem pemasaran pisang. Selain itu, para petani juga diharapkan lebih aktif lagi dalam mencari informasi mengenai harga dan pasar pisang supaya mempunyai kekuatan dalam posisi tawar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:24
Last Modified: 11 Jul 2023 03:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item