PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya)

SEPTIANI, FITRI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (677kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
12. DAFTAR USTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FITRI SEPTIANI. 2023. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN KELAS X SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Rendra Gumilar M.Pd dan Astri Srigustini M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 10 Tasikmalaya, khususnya peserta didik kelas X masih banyak yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dan dibawah rata-rata, hal ini dilihat berdasarkan data skor nilai yang tercantum dalam data penilaian. Hal tersebut disebabkan oleh pasifnya keadaan kelas dalam pembelajaran yang hanya dilakukan sebatas guru menyampaikan dan peserta didik menerima materi sehingga hal tersebut membuat suatu kejenuhan dan kemonotonan dalam pembelajaran dan juga kondisi fisik serta keadaan peserta didik yang kurang terkondisikan. Sehubungn dengan hal ini, penelitian ini bertujuaun untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Metode yang digunaka dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan bentuk The One Group Pretest�Posstest Design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sample dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang dipilih adalah kelas X 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Hal ini dapat ditunjukan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86.438 dan nilai N-Gain sebesar 0.65. berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dari perhitungan effect-size diperoleh 0.857 atau 85.7% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Cooperative Learning Type Gallery Walk, Hasil Belajar, One Grup Only Pretest-Posttest Design

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:13
Last Modified: 11 Jul 2023 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9703

Actions (login required)

View Item View Item