PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

HARAHAP, ROHANNA IRIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (584kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (178kB)
[img] Text
06. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07. DAFATAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
08. BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ROHANNA IRIANI H. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmlaya. Dibawah Bimbingan Ibu Ati Sadiah, M.Pd dan Ibu Sri Hardianti Sartika,M.Pd. Fokus penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match. Menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Tasikmalaya sebanyak 205 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match & kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dengan sampel 68 siswa. Teknik pengumpulan data dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Pengolahan data dengan uji hipotesis menggunakanuji Paired Sample T-test & uji Independent Sample T-test. Uji hipotesis perbedaanhasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan model konvensional sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan model konvensional. Uji hipotesis perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Make a Match dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,002 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Dengan demikian, implikasi penerapan model Cooperative Learning sebagai alternatif model konvensional dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Tipe Make a Match

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:10
Last Modified: 10 Jul 2023 06:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9674

Actions (login required)

View Item View Item