KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN KOPERASI

Miptahudin, Asep (2023) KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN KOPERASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (642kB)

Abstract

Koperasi pada umumnya dalam bekerja memberi jasa agar dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan anggotanya serta terjamin kesejahteraan para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Waktu penelitian dimulai sejak bulan Agustus 2022 – April 2023. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu dengan sampel jenuh terhadap anggota koperasi yang mempunyai usaha di bidang pertanian yaitu sebanyak 34 orang. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut dan tingkat kinerja pengurus koperasi dan untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap atribut kualitas pelayanan menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepentingan dari semua atribut termasuk kategori sangat penting. Terdapat 12 atribut yang termasuk kategori sangat baik yaitu pelayanan sesuai SOP, mempermudah anggota dalam proses pelayanan dan sistem transaksinya, penjelasan mengenai koperasi oleh karyawan, kesigapan dalam bertindak, memberikan informasi yang jelas pada anggota, keamanan dalam penyimpanan, memiliki pengetahuan dan berprilaku sopan dalam bertindak, memberi data yang sesuai, memberikan perhatian terhadap keluhan anggota, tidak memandang status sosial anggota, memberikan pemahaman secara personal kepada anggota, aspek lingkungan, dan 3 atribut masuk kategori baik yaitu mampu menyelesaikan masalah, kelengkapan fasilitas, dan penataan ruangan koperasi. Atribut yang menjadi prioritas utama yaitu keamanan dalam penyimpanan, memberikan pemahaman secara personal kepada anggota, dan penataan ruangan koperasi. Secara keseluruhan kepuasan anggota menghasil nilai sebesar 84,8 persen dan termasuk ke dalam kriteria sangat puas. Kata kunci: koperasi, kualitas pelayanan, tingkat kepentingan, tingkat kinerja, kepuasan anggota

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:31
Last Modified: 07 Jul 2023 07:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item