PRATAMI, RAHMAYATI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
|
Text
3_SURAT KETERANGAN.pdf Download (261kB) |
|
Text
4_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
5_ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
6_KATA PENGANTAR.pdf Download (104kB) |
|
Text
7_DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
Text
8_DAFTAR TABEL.pdf Download (28kB) |
|
Text
9_DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
10_DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (29kB) |
|
Text
11_BAB 1.pdf Download (85kB) |
|
Text
12_BAB 2.pdf Download (350kB) |
|
Text
13_BAB 3.pdf Download (112kB) |
|
Text
14_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
|
Text
15_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
16_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
17_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Metode penelitian yang digunakan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan pemberian soal literasi numerasi dan wawancara. Instrumen penelitian melibatkan peneliti sendiri sebagai instrumen kunci dan soal literasi numerasi untuk mengukur kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Tasikmalaya dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 orang peserta didik, yaitu 2 orang subjek dengan kemampuan koneksi matematis kategori tinggi, 2 orang subjek dengan kemampuan koneksi matematis kategori sedang, dan 2 orang subjek dengan kemampuan koneksi matematis kategori rendah. Penelitian ini difokuskan pada menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika, koneksi konsep matematika dengan konsep ilmu lain, dan koneksi konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis kategori sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika dan koneksi konsep matematika dengan konsep ilmu lain ataupun indikator koneksi antar konsep matematika dan koneksi konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Seorang peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu indikator koneksi konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari adapun seorang peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis kategori rendah tidak memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Literasi Numerasi, Konteks Sosial
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 06:17 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 06:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9653 |
Actions (login required)
View Item |