ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MELALUI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA LEVEL TAKSONOMI SOLO DALAM MENENTUKAN NILAI OPTIMUM MENGGUNAKAN GARIS SELIDIK

YUDIANTINI, ELDA MUSTAPIDAH (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MELALUI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA LEVEL TAKSONOMI SOLO DALAM MENENTUKAN NILAI OPTIMUM MENGGUNAKAN GARIS SELIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
PENGUJI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
surat keterangan revisi penguji, Elda.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK ELDA MUSTAPIDAH YUDIANTINI. 2023. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Melalui Certainty Of Response Index (CRI) Pada Level Taksonomi Solo Dalam Menentukan Nilai Optimum Menggunakan Garis Selidik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik melalui CRI pada level Taksonomi SOLO dalam menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami miskonsepsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dari kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak tujuh orang diambil dari kategori miskonsepsi pada level Taksonomi SOLO. Teknik pengumpulan data yaitu melaksanakan tes soal menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik dilengkapi dengan CRI dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu tes sebanyak satu soal. Teknik analisis data yaitu dengan memberikan soal tes, dilanjutkan dengan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu subjek pada level prastruktural mengalami miskonsepsi terjemahan dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah kemampuan peserta didik. Subjek pada level unistruktural mengalami miskonsepsi terjemahan dan miskonsepsi strategi dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. Subjek pada level multistruktural mengalami miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi dengan faktor penyebabnya adalah reasoning yang tidak lengkap/salah dan prakonsepsi tidak tepat. Subjek pada level relasional mengalami miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi dan miskonsepsi hitung dengan faktor penyebabnya adalah reasoning yang tidak lengkap/salah. Subjek dengan level abstrak yang diperluas mengalami miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi dengan faktor penyebabnya adalah reasoning yang tidak lengkap/salah. Kata kunci: Miskonsepsi, Taksonomi SOLO, Certainty Of Response Index, Nilai Optimum Garis Selidik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:17
Last Modified: 06 Jul 2023 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item