ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM

IKHSAN, PAJAR NURUL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK PAJAR NURUL IKHSAN. 2023. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Esteem. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau self esteem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdari dari penyebaran angket self esteem, Tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Subjek dipilih dari peserta didik kelas VIII D SMPN 4 Tasikmalaya sebanyak 3 orang berdasarkan hasil angket self esteem yang memenuhi salah satu dari kategori tinggi, sedang, rendah dan hasil tes kemampuan representasi matematis yang paling banyak menjawab indikator kemampuan representasi matematis tanpa melihat jawaban itu benar atau salah, serta kemampuan subjek dalam mengungkapan gagasan atau ide secara verbal maupun tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem tinggi mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta mampu menjawab soal dengan teks tertulis. b) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem sedang belum mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, belum mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta belum mampu menjawab soal dengan teks tertulis. c) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem rendah belum mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, belum mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta belum mampu menjawab soal dengan teks tertulis. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, Self Esteem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:16
Last Modified: 06 Jul 2023 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item