IKHSAN, PAJAR NURUL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (313kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN SIDANG SKRIPSI.pdf Download (338kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (367kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (313kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK PAJAR NURUL IKHSAN. 2023. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Esteem. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau self esteem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdari dari penyebaran angket self esteem, Tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Subjek dipilih dari peserta didik kelas VIII D SMPN 4 Tasikmalaya sebanyak 3 orang berdasarkan hasil angket self esteem yang memenuhi salah satu dari kategori tinggi, sedang, rendah dan hasil tes kemampuan representasi matematis yang paling banyak menjawab indikator kemampuan representasi matematis tanpa melihat jawaban itu benar atau salah, serta kemampuan subjek dalam mengungkapan gagasan atau ide secara verbal maupun tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem tinggi mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta mampu menjawab soal dengan teks tertulis. b) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem sedang belum mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, belum mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta belum mampu menjawab soal dengan teks tertulis. c) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki self esteem rendah belum mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, mampu membuat persamaan matematika dari representasi visual, belum mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan matematika, serta belum mampu menjawab soal dengan teks tertulis. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, Self Esteem
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:16 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9616 |
Actions (login required)
View Item |