PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023)

KOMALASARI, KOMALASARI (2023) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (99kB)
[img] Text
04 Kata Pengantar.pdf

Download (58kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (55kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (52kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (57kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komalasari. 2023. PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBELM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Singaparna diketahui bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik kurang bersemangat sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Peserta didik yang kurang aktif cenderung sulit memahami pelajaran fisika sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran dan adanya bahan ajar pendukung yaitu berupa LKPD yang berbasis model. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan unutk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E berbantuan LKPD berbasis problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada materi termodinamika. Hasil belajar yang diteliti adalah pada hasil belajar pengetahuan, sikap yaitu kerjasama, responsif, serta percaya diri, dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan hasil sampling yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dan uji Mann-Whitney pada hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:48
Last Modified: 16 Jun 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item