PENGEMBANGAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FLEX MODEL DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS)

Fauziah, Siti (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FLEX MODEL DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (49kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (284kB)
[img] Text
09 DAFTAR TABEL.pdf

Download (460kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
11 BAB 1 .pdf

Download (127kB)
[img] Text
12 BAB 2 .pdf

Download (165kB)
[img] Text
13 BAB 3 .pdf

Download (744kB)
[img] Text
14 BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
15 BAB 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SITI FAUZIAH. 2022. Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Flex Model Dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis flex model dengan pendekatan STEAM yang dilengkapi video, games, link whatsapp dan link pengiriman tugas serta mengetahui efektivitas dan respon peserta didik terhadap e-modul dalam pembelajaran matematika berbasis flex model dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini menggunakan model ADDIE diantaranya yaitu Anayisis (analisis kebutuhan dan kompetensi pembelajaran dan analisis materi bilangan bulat yang berkaitan dengan STEAM), Design (merancang konsep pembelajaran, strategi tes, fitur video, games, diagram alir dan instrumen), Development (Mengembangkan e-modul dari hasil rancangan dan validasi para ahli), Implementation (uji coba kepada siswa kelas VII H SMPN 1 Cikoneng) dan Evaluation (uji efektifitas kepada siswa kelas VII H SMPN 1 Cikoneng). Subjek penelitian terdiri dari 13 peserta didik kelas VII A sebagai subjek uji kelompok kecil dan 22 peserta didik kelas VII H sebagai subjek uji coba kelompok besar dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Instrumen terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar respon siswa, lembar soal pretest dan postest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa e-modul matematika berbasis flex model dengan pendekatan STEAM dan diperoleh hasil efektivitas e-modul termasuk kategori tinggi sehingga efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-modul, flex model, Pendekatan STEAM, ADDIE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:48
Last Modified: 16 Jun 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9489

Actions (login required)

View Item View Item