ELVIA, TIA (2023) EXPLORING STUDENTS’ PERCEPTIONS IN WRITING FANFICTION DURING CREATIVE WRITING CLASS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (263kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf Download (120kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (352kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
PREFACE.pdf Download (167kB) |
|
Text
ACKNOWLEDGMENTS.pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK TIA ELVIA. 2023. “EXPLORING STUDENTS’ PERCEPTIONS IN WRITING FANFICTION DURING CREATIVE WRITING CLASS”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan mengeksplor persepsi siswa dalam menulis fanfiction selama di kelas Creative Writing. Penelitian ini melibatkan enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah Universitas di Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini menggunakan sebuah rancangan penelitian studi kasus kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur Selanjutnya, Miles, Huberman, dan Saldana (2014) digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tema yaitu; (1) Pengalaman belajar siswa dalam menulis fanfiction selama kelas creative writing, (2) Emosi siswa dalam menulis fanfiction selama kelas creative writing, dan (3) Motivasi siswa dalam menulis fanfiction selama kelas creative writing. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam menulis fanfiction selama kelas creative writing sangat kompleks dan bervariasi. Menulis fanfiction memberikan dampak positif terhadap kemampuan menulis kreatif siswa. Hal ini juga mendorong siswa untuk mengekspresikan keterampilan menulis kreatif mereka dan belajar lebih banyak tentang menulis kreatif. Meskipun siswa menghadapi beberapa tantangan seperti kurangnya kosa kata, namun mereka merasa tertarik, termotivasi, dan menikmati menulis fanfiction selama kelas creative writing. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi titik awal untuk penelitian selanjutnya, seperti studi kasus tentang bagaimana fanfiction membantu pembelajaran bahasa Inggris. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Creative Writing, Fanfiction
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:49 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9333 |
Actions (login required)
View Item |