ALFIYYAH, HAIFA GHINA (2023) PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi di Satuan PAUD Sejenis Bougenville Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (66kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (50kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (71kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (79kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL-DAFTAR GAMBAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (206kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (79kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK Haifa Ghina Alfiyyah. 2023. PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI. (Studi di SPS Bougenville Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor) Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Peran pendidik dalam proses belajar mengajar mencakup banyak hal, seperti ketua kelas, tutor, motivator, pelatih, peneliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa peran pendidik pendidikan anak usia dini dalam memberikan motivasi belajar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu 5 orang terdiri dari pengelola, tutor dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dengan peran pendidik sebagai demonstrator yaitu menggunakan alat peraga ketika belajar dan bermain. Pendidik sebagai pengelola kelas menerapkan 5 S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan, santun. Pendidik sebagai mediator yakni metode dan teknik belajar dengan bermain, edukasi kelas dan menyanyi. Pendidik sebagai fasilitator menggunakan alat belajar lego, balok atau pun alat peraga dengan bahan ajar buku cerita, ekalase, kriket, gambar dan alat daur ulang dari sumber belajar LK, Modul dan buku cerita. Pendidik sebagai evaluator yaitu evaluasi 2 kali dan tidak ada ulangan. Pendidik sebagai motivator yakni dengan sistem reward. Dapat disimpulkan dari hasil peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dalam sikap, motivasi belajar dan nilai peserta didik meningkat seperti anak menjadi mandiri, percaya diri dan bersosialisasi dan untuk penilaian anak memiliki kemampuan mengetahui angka, warna dan huruf, tidak ada ulangan dan adanya reward. Kata Kunci: Peran Pendidik, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 May 2023 07:25 |
Last Modified: | 19 May 2023 07:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9170 |
Actions (login required)
View Item |