PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Fadris Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nursalamah, Silmi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Fadris Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (365kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (317kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Silmi Nursalamah. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca dan Didengar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Fadris Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Siliwangi. Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2018 bahwa, mata pelajaran bahasa menganjurkan setiap peserta didik harus memiliki keterampilan berbahasa, dengan berbagai kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran time token meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII MTs Fadris tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII MTs Fadris tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.3 mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi yang dibaca, 70% belum mencapai KKM dan 30% telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3 menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar, 80% belum mencapai KKM dan 20% sudah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama KD 3.3 mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi yang dibaca, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dan pertemuan kedua KD 4.3 menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Terdapat peningkatan antara siklus I dan II. Artinya, model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII MTs Fadris tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:01
Last Modified: 03 Apr 2023 02:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item