PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Agustin, Siti Hajar (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (265kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (280kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (444kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (369kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (507kB)
[img] Text
bab iii.pdf

Download (382kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Hajar Agustin, 2022. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penerapan Kurikulum 2013 diharapkan mampu menjadikan peserta didik, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal tersebut memengaruhi pelaksanaan pembelajaran peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu mencapai tahap pembelajaran yang maksimal. Penerapan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur serta mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, serta tes dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan) merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan yakni menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur, sebanyak 6 orang (26%) peserta didik berhasil mencapai KKB dan 17 orang (74%) peserta didik belum berhasil mencapai KKB. Pada aspek keterampilan siklus kesatu yakni mengembangkan teks prosedur, sebanyak 9 orang (39%) peserta didik belum berhasil mencapai KKB dan 14 orang (61%) peserta didik berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan 23 orang (100%) dan keterampilan yakni 23 orang (100%) peserta didik berhasil mencapai KKB (73) yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data dan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur serta mengembangkan teks prosedur, pada peserta didik kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:23
Last Modified: 27 Mar 2023 03:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item