Agustin, Siti Hajar (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (265kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (118kB) |
|
Text
lembar pernyataan.pdf Download (280kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (223kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (444kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (352kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (369kB) |
|
Text
bab ii.pdf Download (507kB) |
|
Text
bab iii.pdf Download (382kB) |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (221kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Hajar Agustin, 2022. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penerapan Kurikulum 2013 diharapkan mampu menjadikan peserta didik, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal tersebut memengaruhi pelaksanaan pembelajaran peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu mencapai tahap pembelajaran yang maksimal. Penerapan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur serta mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, serta tes dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan) merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan yakni menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur, sebanyak 6 orang (26%) peserta didik berhasil mencapai KKB dan 17 orang (74%) peserta didik belum berhasil mencapai KKB. Pada aspek keterampilan siklus kesatu yakni mengembangkan teks prosedur, sebanyak 9 orang (39%) peserta didik belum berhasil mencapai KKB dan 14 orang (61%) peserta didik berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan 23 orang (100%) dan keterampilan yakni 23 orang (100%) peserta didik berhasil mencapai KKB (73) yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data dan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur serta mengembangkan teks prosedur, pada peserta didik kelas XI SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:23 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8969 |
Actions (login required)
View Item |