RASYIDINA, SUMAYYA AINUR (2023) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (45kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf Download (61kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan dan Daftar (isi, tabel, gambar, lampiran).pdf Download (653kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (221kB) |
|
Text
5. Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (352kB) |
|
Text
6. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf Download (584kB) |
|
Text
7. Bab 3 Prosedur Penelitian.pdf Download (912kB) |
|
Text
8. Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
|
Text
9. Bab 5 Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
10. Daftar pustaka.pdf Download (456kB) |
Abstract
ABSTRAK SUMAYYA AINUR RASYIDINA, 2022 Hubungan antara Self Efficaccy dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Pada proses pembelajaran peserta didik membutuhkan kemampuan pemecahan masalah untuk mengeksplorasi, berpikir kritis dan menganalisis suatu permasalahan untuk solusi yang logis dan tepat. Kemampuan pemecahan masalah disertai keyakinan atas kemampuan yang dimiliki (self efficacy) akan memaksimalkan peserta didik dalam mendapatkan nilai yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekosistem (studi korelasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional (studi hubungan). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik yaitu 251 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas X MIPA 5 dan MIPA 6 sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 15 butir soal mengenai materi ekosistem dan kuisioner self efficacy mengunakan indikator yang dikemukakan oleh Albert Bandura yaitu magnitude, strength dan generality dengan 30 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji korelasional Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,675 yang berarti tingkat koefisien korelasi nya kuat, maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara self efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 dengan tingkat koefisien korelasinya kuat. Kata kunci : Korelasi ;Kemampuan Pemecahan Masalah ;Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:49 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8963 |
Actions (login required)
View Item |