Haidir, Zulfa Firdaus (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI, STRUKTUR DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (463kB) |
|
Text
3. ABBSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (237kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (351kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Zulfa Firdaus Haidir. 2022. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi, Struktur dan Menyajikan Gagasan Model Pembelajaran Discovery Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum mampu untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 yang telah ditetapkan. Permasalahan yang menyebabkan katidakmampuan peserta didik dalam menelaah isi, struktur dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi yaitu kurangnya minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran discovery learning meningkatkan kemampuan menelaah isi, struktur dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpuln data yang penulis gunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dalam menelaah isi, struktur dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM dalam aspek menelaah sebanyak 17 orang (59%) dan 12 orang (41%) sudah mencapai KKM yaitu 75. Pada siklus II peserta didik sudah mencapai KKM yang ditetapkan yakni 75 dengan jumlah siswa 29 orang (100%). Pada aspek menyajikan teks eksposisi siklus I peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 22 orang (76%), dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 7 orang (24%). Sedangakan pada siklus II dengan jumlah peserta didik 29 orang (100%) sudah mencapai KKM. Data tersebut menunjukkan perbedaan antara data siklus I dengan data pada sikluls II. Hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi, struktur dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:32 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8960 |
Actions (login required)
View Item |