Nopitasari Sudrajat, Rian (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR 6. DAFTAR ISI 7. DAFTAR TABEL,DIAGRAM.pdf Download (202kB) |
|
Text
8 . BAB I-III.pdf Download (520kB) |
|
Text
9. BAB IV-V.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Teks biografi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Kenyataannya hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami materi teks biografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together( NHT) yang digunakan dalam pembelajaran teks biografi, terhadap kemampuan menganalisis dan menyusun teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penulis menggunakan metode eksperimen karena bermaksud meneliti pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap keberhasilan pembelajaran menganalisis dan menyusun teks biografi. Teknik penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tes awal ( pretest) sebelum pembelajaran dilakukan dan tes akhir (postest) dilakukan setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2016/2017 khususnya kelas X MIPA 1 kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan X IPS 2 kelas kontrol sebanyak 39 siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan siswa di kelas eksperimen dalam pembelajaran menganalisis teks biografi dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) nilai rata-ratanya 84,47 sedangkan di kelas kontrol nilai rata-ratanya 46,75. Nilai rata-rata kemampuan siswa di kelas eksperimen dalam pembelajaran menyusun teks biografi dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) nilai rata-ratanya 75,44 sedangkan di kelas kontrol nilai rata-ratanya 56,08. Berdasarkan uji t diketahui bahwa pada kemampuan menganalisis teks biografi t hitung = 7,39 > t daftar = 1,960 (tingkat kepercayaan 95%). Artinya, H0 ditolak dan pada kemampuan menyusun teks biografi t hitung = 2,67 > tdaftar = 1,960 (tingkat kepercayaan 95%). Artinya, H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis dan menyusun teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 01:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 01:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |