HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MAJENANG TAHUN AJARAN 2020/2021

AMARA, DWI (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MAJENANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3_PERNYATAAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (351kB)
[img] Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf

Download (435kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf

Download (766kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK DWI AMARA. 2022. Hubungan Antara Motivasi dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMAN 1 Majenang sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 164 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dan dipilih dua kelas penelitian yaitu X MIPA 2 dan 3. Instrumen motivasi belajar yang digunakan merujuk pada indikator Attention, Relevance, Confidence dan Satifaction (ARCS) oleh Jhon Keller dan disebar dengan menggunakan google form, data hasil belajar didapatkan dari hasil ulangan harian materi keanekaragaman hayati pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana dan Korelasi Bivariat karena penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasi dengan dua variabel. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai korelasi 0,465 pada kategori sedang. Nilai koefisien R square 0,216 menujukan bahwa motivasi belajar memberikan penagruh 21,6% terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis penelitian maka simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: kenakeragaman hayati, korelasi, motivasi belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:17
Last Modified: 16 Mar 2023 03:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item