PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Fauziah, Resa (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (502kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Resa Fauziah. 2023. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Persuasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP adalah kompetensi dasar 3.13, yaitu mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dan 4.13, yaitu menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023). Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus I dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks persuasi sebanyak 14 orang peserta didik (46,7%) belum mencapai KKB dan 16 peserta didik (53,3%) sudah mencapai KKB dan pada siklus II dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks persuasi semua peserta didik 30 orang (100%) telah mencapai KKB dan pada siklus I dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks persuasi terdapat 15 orang peserta didik (50%) yang belum mencapai KKB, sedangkan 15 peserta didik (50%) yang sudah mencapai KKB dan pada siklus II dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks persuasi semua peserta didik 30 orang (100%) telah mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB). Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung (0) < Wtabel 228,56 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023. Artinya, Hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:48
Last Modified: 15 Mar 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item