Permana, Indra Rahayu (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs-Assa‟adah Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (426kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (541kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (323kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (323kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (323kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (338kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
Abstract
ABSTRAK Indra Rahayu Permana, 2021, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGI-DENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IK-LAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs�Assa-adah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi (2016:21) , salah satu teks yang harus dipe-lajari di kelas VIII adalah teks iklan, sebagaimana kompetensi dasar (KD) yang ter-cantum dalam Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Mengenah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), pada kompetensi dasar; 3.3 Menginden-tifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memo-tivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan Menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kom-petensi dasar tersebut harus mampu dicapai oleh peserta didik. Meskipun demikian, dalam kenyataannya peserta didik kelas VIII MTs-Assa‟adah Kota Tasikmalaya masih banyak yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Karena itulah penulis melakukan penelitian berupa pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII MTs-Assa‟adah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Agar mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tin�dakan kelas. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu, perencaan tindakan, mengobservasi, dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu untuk KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan terdapat peserta didik yang mencapai KKM 5 orang (23%) sedangkan yang belum mencapai KKM 17 orang (77%). Pada KD 4.3 menyimpulkan isi teks iklan peserta didik yang mencapai KKM 6 orang (27%), sedangkan yang belum mencapai KKM 16 orang (73%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keteram-pilan semua peserta didik, 22 orang (100%) mencapai KKM. Hasil dan pembahasan ini menunjukan bahwa hipotesis tindakan penilitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII MTs-Assa‟adah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:12 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8864 |
Actions (login required)
View Item |