PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN

HAYATI, AINA ROHMAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (136kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (536kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Aina Rohmah Hayati. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan siswa yang kurang aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran serta adanya tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan pendidikan abad 21 dan kurikulum 2013 dalam mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran supaya proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berjalan secara optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 432 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan jumlah sampel dua kelas yaitu kelas X 7 dan kelas X 10 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 orang. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:33
Last Modified: 13 Mar 2023 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item