HAYATI, AINA ROHMAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (234kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (136kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (536kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (354kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (438kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Aina Rohmah Hayati. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan siswa yang kurang aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran serta adanya tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan pendidikan abad 21 dan kurikulum 2013 dalam mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran supaya proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berjalan secara optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 432 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan jumlah sampel dua kelas yaitu kelas X 7 dan kelas X 10 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 orang. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 01:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 01:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8848 |
Actions (login required)
View Item |