KURNIAWATI, KURNIAWATI (2022) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK (Survey pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan IPS di SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (139kB) |
|
Text
2 LBR PENGESAHAN.pdf Download (384kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
|
Text
4 KATA PENGATR,DFTR ISI,DFTR TABEL.pdf Download (170kB) |
|
Text
5 BAB 1.pdf Download (200kB) |
|
Text
6 BAB 2.pdf Download (211kB) |
|
Text
7 BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
8 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
10 DAPUS.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK Kurniawati. 2021. Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Materi Peserta Didik (Survey pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan IPS di SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. H. Syamsudin Arnasik, M.Pd. dan Ai Nur Solihat, M.Pd. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini mengenai motivasi belajar dan pemahaman materi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pedagogical content knowledge guru ekonomi terhadap motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan metode penelitian survei. Hasil analisis data dengan uji regresi linier sederhana untuk pengaruh variabel pedagogical content knowledge terhadap motivasi belajar diperoleh persamaan Ý = 17.178 + 0.747 X artinya pedagogical content knowledge berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 18.301 dengan signifikansi 0.000 yang berarti signifikan karena < 0.05. Untuk pengaruh variabel pedagogical content knowledge terhadap pemahaman materi peserta didik diperoleh persamaan Ý =13.360 + 0.468X artinya pedagogical content knowledge berpengaruh positif terhadap pemahaman materi peserta didik Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 10.788 dengan signifikansi 0.000 yang berarti signifikan karena < 0.05 serta hasil uji manova diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pedagogical content knowledge guru ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman materi peserta didik. Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge, Motivasi Belajar, Pemahaman Materi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 07:47 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 07:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8808 |
Actions (login required)
View Item |