THE ANALYSIS OF MOTIVATION OF THE FIRST-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY

WIDYASSAMANTHA, VIA UTAMI (2023) THE ANALYSIS OF MOTIVATION OF THE FIRST-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (265kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS, LIST OF TABLES, LIST OF FIGURE, LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (218kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK VIA UTAMI WIDYASSAMANTHA, 2023. “THE ANALYSIS OF MOTIVATION OF THE FIRST-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Dihilangkannya mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar Negeri di Indonesia membuat banyak siswa tidak mengalami belajar Bahasa Inggris secara formal di Sekolah Dasar, sehingga belajar Bahasa Inggris di SMP menjadi pengalaman pertama bagi siswa kelas satu SMP dalam belajar Bahasa Inggris secara formal. Namun, di Sekolah Dasar swasta, mata pelajaran Bahasa Inggris masih diberlakukan. Fenomena tersebut menjadikan siswa kelas satu SMP terbagi menjadi dua, yakni siswa yang sebelumnya belajar Bahasa Inggris di SD, dan siswa yang tidak belajar Bahasa Inggris di SD. Penelitian ini melaporkan motivasi enam siswa kelas 1 SMP dalam belajar Bahasa Inggris. Keenam siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yakni siswa yang sebelumnya belajar Bahasa Inggris di SD, dan siswa yang tidak belajar Bahasa Inggris di SD. Dengan menggunakan teori Determinasi Diri, penelitian ini menganalisis motivasi siswa dengan menggunakan kontinuum. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis tematik oleh Braun dan Clarke. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang sebelumnya belajar Bahasa Inggris di sekolah cenderung lebih memiliki motivasi intrinsik, karena mereka merasa senang dan sangat menikmati proses belajar Bahasa Inggris. Untuk siswa yang sebelumnya tidak belajar Bahasa Inggris di SD, mereka cenderung memiliki motivasi ekstrinsik, karena dorongan dari luar diri mereka lebih besar. Namun, kedua kelompok tersebut sama-sama memiliki tujuan tersendiri dalam Bahasa Inggris. Kata kunci: Siswa Kelas Satu SMP, Motivasi Belajar Bahasa Inggris, Teori Determinasi Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:22
Last Modified: 02 Mar 2023 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item