PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SOFTWARE SIGIL PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

MUQTASIDAH, RESI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SOFTWARE SIGIL PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK RESI MUQTASIDAH. 2023. Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Sigil pada Materi Transformasi Geometri. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbantuan software sigil pada materi transformasi geometri dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, & Disseminate). Pada tahap define yaitu melakukan anlisa awal, analisa peserta didik, analisa konsep, analisa tugas, dan analisa tujuan. Pada tahap design dilakukan perancangan komponen modul serta penyusunan tes. Media yang dikembangkan berupa e-modul berektensi EPUB berbantuan Software Sigil pada materi transformasi geometri pada pembelajaran matematika di MTs/SMP. Pada tahap development yaitu melakukan validasi e-modul ke ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, melakukan revisi sampai e-modul dikatakan layak oleh para ahli. Setelah itu dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui respon peserta didik. Pada tahap terakhir disseminate dilakukan penyebaran produk secara online dan offline kepada peserta didik kelas 9 di MTs Babakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penilaian kelayakan media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari dua ahli materi dan ahli pembelajaran, dua ahli media, dan peserta didik kelas 9 MTs Babakan. Pada penilaian kualitas isi dan tujuan dan kualitas pembelajaran e-modul dinyatakan sangat layak, serta kualitas teknis menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan masuk kategori layak. Penilaian dari respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik, sehingga media pembelajaran e-modul berbantuan software sigil pada materi transformasi geometri dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan e-modul, software sigil, transformasi geometri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:43
Last Modified: 02 Mar 2023 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item