SCRUTINIZING STUDENTS’ COGNITIVE ENGAGEMENT AFTER WATCHING ‘ENGLISH WITH RONNIE’ YOUTUBE VIDEOS IN EFL CONTEXT

WULANDARI, SILVIA (2023) SCRUTINIZING STUDENTS’ COGNITIVE ENGAGEMENT AFTER WATCHING ‘ENGLISH WITH RONNIE’ YOUTUBE VIDEOS IN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (370kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (398kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (588kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (356kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK SILVIA WULANDARI, 2022. “SCRUTINIZING STUDENTS’ COGNITIVE ENGAGEMENT AFTER WATCHING ‘ENGLISH WITH RONNIE’ YOUTUBE VIDEOS IN EFL CONTEXT”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Kepopuleran YouTube sebagai media belajar bahasa Inggris membuat YouTuber yang mengajar bahasa Inggris sebaiknya mempertimbangkan aspek-aspek yang membuat video bermakna bagi penontonnya. Salah satu aspek penting dari video adalah memasukkan elemen yang membantu mempromosikan keterlibatan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlibatan kognitif siswa EFL yang dihasilkan dari menonton video YouTube ‘English with Ronnie’. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari tiga mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan terlibat secara kognitif dalam video YouTube ‘English with Ronnie’. Hasil tersebut adalah; (1) Memahami materi pembelajaran bahasa Inggris; (2) Meningkatkan kemampuan aspek bahasa Inggris siswa; (3) Mengimplementasikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan kehidupan sehari-hari siswa; (4) Menggunakan strategi pembelajaran bahasa metakognitif. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa video YouTube ‘English with Ronnie’ meningkatkan keterlibatan kognitif partisipan dan menawarkan banyak keuntungan untuk perkembangan bahasa Inggris mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk menekankan keterlibatan kognitif pelajar EFL dalam menonton video pembelajaran bahasa Inggris di YouTube. Kata kunci: English with Ronnie, Keterlibatan Kognitif, Siswa EFL, Video, YouTube

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:24
Last Modified: 02 Mar 2023 02:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item