EFEKTIVITAS INTEGRASI LITERASI SAINS DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LESSON STUDY DITINJAU DARI HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Eksperimen dikelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

AZIZAH, WULAN SITI NUR (2023) EFEKTIVITAS INTEGRASI LITERASI SAINS DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LESSON STUDY DITINJAU DARI HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Eksperimen dikelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
6. DAFTAR DAFTAR.pdf

Download (172kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (808kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK WULAN SITI NUR AZIZAH 2023. EFEKTIVITAS INTEGRASI LITERASI SAINS DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LESSON STUDY DITINJAU DARI HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Eksperimen dikelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Data yang diperoleh dari observasi peserta didik khususnya di kelas X MIPA kurang memanfaatkan perangkat pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, perlukan suatu inovasi dari guru untuk melakukan perubahan strategi pembelajaran yang mengupayakan peningkatan hasil belajar dan melatih kemandirian belajar peserta didik. Perubahan strategi tersebut dapat dilakukan denganmengintegrasikan pengupayaan literasi sains ke dalam perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari integrasi literasi sains dalam perangkat pembelajaran biologi berbasis Lesson study pada materi keanekaragaman hayati ditinjau dari hasil dan kemandirian belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah Pre�experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya, teknik pengambilan sampel dilakukan melalui Purposive Sampling dengan pertimbangan kelas yang memiliki nilai pertengahan pada mata pelajaran Biologi, sehingga didapatkan 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan majemuk materi keanekaragaman hayati, angket kemandirian belajar, dan observasi. Hasil integrasi literasi sains dalam perangkat pembelajaran berbasis lesson study ditinjau hasil belajar memiliki efektivitas sebesar 1,3 yang berdasarkan interpretasi nilai Cohen’s termasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 90%. Sedangkan ditinjau dari kemandirian belajar memiliki efektivitas sebesar 0,2 yang berdasarkan interpretasi nilai Cohen’s termasuk ke dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 58%. Kesimpulannya hasil integrasi literasi sains dalam perangkat pembelajaran berbasis lesson study bisa mengupayakan dan melatih peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:02
Last Modified: 27 Feb 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8712

Actions (login required)

View Item View Item